'/> Proposal Sebagai Planning Sebuah Agenda (Psikologi Penyusunan, Perencanaan Penyusunan Proposal)

Info Populer 2022

Proposal Sebagai Planning Sebuah Agenda (Psikologi Penyusunan, Perencanaan Penyusunan Proposal)

Proposal Sebagai Planning Sebuah Agenda (Psikologi Penyusunan,
Perencanaan Penyusunan Proposal)
Proposal Sebagai Planning Sebuah Agenda (Psikologi Penyusunan,
Perencanaan Penyusunan Proposal)
Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program  Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program (Psikologi Penyusunan, Perencanaan Penyusunan Proposal)
Penyusunan proposal yang menarik dan "menjual” memerlukan keterampilan khusus. Ada sejumlah tahapan yang perlu dilalui, dari proses persiapan penyusunan sampai pengajuannya kepada forum atau pihak yang dituju. Persiapan penyusunan proposal harus dilakukan dengan cermat. Pasalnya, banyak pembuat proposal yangsering mengalami kendala pada tahap ini jawaban belum mempunyai kerangka aktivitas atau tujuan yang terang mengenai proposal yangakan dibuat. Oleh lantaran itu, dikala akan menyusun proposal pastikan bahwa sejumlah informasi, materi bahan, dan kerangka aliran (program) yang berkaitan dengan isi proposal yang akan dibentuk telahdimiliki, sehingga gampang dikala penyusunannya.

Proposal merupakan planning program, kegiatan,atau perjuangan yang akan dilakukan. Dan untuk melaksanakan program, kegiatan, atauusaha diharapkan perencanaan yang matang. Pasalnya, perencanaan program, kegiatan, atau perjuangan yang dibentuk tanpa perencanaan yang matang akan sia-sia. Mengapa? Sasaran dan tujuannya niscaya tidak akan tercapai dengan baik.
Perencanaan yakni fondasi dari suatu program, kegiatan, atau perjuangan yang akan dilakukan. Jika diibaratkan membangun sebuah rumah,tentunya pekerjaan yang pertama kali dilakukan yakni membangun fondasi, bukan dinding atau atapnya. Begitu pun dikala akan memulai suatu program, kegiatan, atau usaha, perlu direncanakan secaramatang ke dalam bentuk proposal. Oleh lantaran itu, hal pertama yang perlu dicermati dalam penyusunan proposal yakni perencanaan itu sendiri, bukan soal pendanaan atau bagaimana pelaksanaannya. Itulah sebabnya, planning program, kegiatan, atau perjuangan harus dirancangsebaik mungkin.

Perlu diingat, proposal yang dibentuk dengan perencanaan matang bisa berkhasiat sebagai pegangan dasar dalam melaksanakan program, kegiatan, atau perjuangan yang akan dilakukan. Dengan begitu,alur program, kegiatan, atau perjuangan yang dilakukan akan selalu terarah (fokus). Selain itu, proposal yang dibentuk dengan perencanaan matang bisa meyakinkan pihak Iain atau pembacanya untuk memperlihatkan derma atas program, kegiatan, atau perjuangan yang akan dilakukan.

Setelah mengetahui Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program (Psikologi Penyusunan, Perencanaan Penyusunan Proposal) maka silahkan lanjutan dengan membaca artikel berikutnya yaitu perihal Jenis-Jenis Proposal yang harus Kita Ketahui.
Advertisement

Iklan Sidebar