'/> Pengertian Proposal Dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar

Info Populer 2022

Pengertian Proposal Dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar

Pengertian Proposal Dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar
Pengertian Proposal Dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar
 Sering kali kita mendengar kata Proposal Pengertian Proposal dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar

Sering kali kita mendengar kata Proposal, apakah anda tahu pengertian dari kata tersebut?

Kata proposal berasal dari bahasa Inggris, yaitu proposal yang berarti pengajuan atau permohonan. Asal katanya adalah to propose (mengajukan). Dengan demikian, sanggup dikatakan bahwa proposal merupakan suatu bentuk pengajuan penawaran, baik berupa ide,gagasan, pemikiran, maupun planning kepada pihak lain untuk mendapat dukungan, izin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya (Hariwijaya, 2005: 12-13).

Sebagai contoh, proposal kredit yang diajukan ke bank yang isinya merupakan penawaran kepada bank mengenai planning pembukaan sebuah perjuangan yang memerlukan pembiayaan dalam bentuk pinjaman (kredit). Tentunya, di dalam proposal tersebut dijelaskan hal-hal yang sanggup meyakinkan bank semoga mau dan dengan gampang mengucurkan dana sesuai dengan nilai anggaran yang telah ditetapkan.

Contoh lain, proposal pengajuan dana yang isinya planning pembuatan suatu aktivitas atau kegiatan yang dananya didapat atau diperoleh dari forum donor, baik swasta maupun pemerintah. Tentunya, di dalam proposal tersebut dijelaskan hal-hal yang menyakinkan pihak forum donor semoga bersedia mengucurkan pemberian dana untuk aktivitas atau kegiatan tersebut.

Sementara itu, proposal pendirian perjuangan intinya merupakan langkah untuk memulai sebuah usaha. Dengan adanya proposal pendirian usaha, akan diketahui apa bentuk perjuangan yang akan dilakukan, planning prosesnya, sampai bagaimana peluangnya pada masa yang akan datang. Proposal jenis ini juga mempunyai kegunaan untuk mencari rekanan bisnis (kerja sama usaha) dengan pihak lain atau sanggup dipakai untuk keperluan pengajuan kredit usaha.

Selain contoh-contoh di atas, proposal juga sanggup diajukan untuk mendapat persetujuan mengenai kegiatan yang akan dibuat. Misalnya, proposal planning penelitian yang diajukan mahasiswa kepada pimpinan fakultas. Proposal menyerupai ini tentunya berisi hal-hal yang menyakinkan pimpinan fakultas untuk mengetujui penelitian yang akan dilaksanakan. Setelah disetujui oleh pihak fakultas dan ditentukan siapa pembimbing skripsi/tesis/disertasinya, penelitian barubisa dilakukan. Contoh lain, proposal kegiatan seminar yang diadakan sebuah organisasi mahasiswa sebagai bentuk ajakan persetujuan dari pihak universitas untuk ijin daerah atau permohonan dana.

Proposal merupakan entry point (pintu masuk) untuk meraih kesuksesan di masa depan. Proposal yang berhasil diterima oleh pihakyang berkepentingan membuktikan telah terbukanya cita-cita untuk melaksanakan suatu program, usaha, atau kegiatan yang direncanakan. Dengan kata Iain, proposal merupakan "kunci" pembuka kesuksesan, tinggal bagaimana menjalankan apa telah direncanakan dalam proposal tersebut.

Apakah Tujuan dari Pengajuan Proposal?

Sesuai dengan pengertiannya yang merupakan bentuk pengajuan kepada pihak Iain wacana planning program, kegiatan, atau perjuangan yangakan dilakukan, tujuan pengajuan proposal yaitu meyakinkan pihakyang dituju semoga memperlihatkan dana, dukungan, persetujuan, atau izin terhadap planning program, usaha, atau kegiatan yang akan dilakukan. Dengan begitu, proposal sangat berguna, terutama bagi seseorang atau forum yang akan melaksanakan suatu program, kegiatan, atau usaha. Secara garis besar, tujuan proposal sanggup dijabarkan sebagai berikut:
  1. Untuk melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan agama‚ sosial‚ politik, ekonomi, dan budaya.
  2. Untuk mendirikan perjuangan kecil, menengah,atau besar.
  3. Untuk mengajukan tender dari lembaga-Iembaga pemerintahatau swasta.
  4. Untuk mengajukan kredit kepada bank.
  5. Untuk mengadakan aktivitas berupa seminar, diskusi, dan pelatihan.
Setelah membacanya anda tidak akan resah lagi apabila ditugaskan tuliskan tujuan pengajuan proposal, selain itu kami akan berikan beberapa pola proposal yangmungkin saja sanggup membantu anda dalam mendapat inspirasi atau sebagai rujukan pola makalah yang baik dan benar :
  1. Contoh Proposal dan Cover - Dana PERSATUAN PELAJAR INDONESIA DI YAMAN
  2. Contoh Proposal - Majlis Sabrang
  3. Contoh Proposal - Perbaikan (Rehab) Mesjid
  4. Contoh Proposal - Bidang Kegiatan PKM
  5. Contoh Proposal Bantuan
  6. Contoh Proposal Kegiatan
  7. Contoh Proposal - Rencana Bisnis atau Bisnis Plan
  8. Download Kumpulan Contoh Penelitian Tindakan Kelas PTK dan Proposal
  9. Download Contoh Proposal Dana untuk Kegiatan Program Kerja OSIS Tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas Tahun Ajaran 2016-2017 Format Microsoft Word
  10. Proposal RKB PAUD 2016 Format Microsoft Word (Docx/Doc) Terbaru
  11. Proposal 17 Agustus HUT ke 71 (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan RI Download Gratis
  12. Download Contoh Proposal PTK SD Kelas 1 - 6 Lengkap
  13. Contoh Program Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 2018
  14. Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan Pesantren Kilat Format Doc
  15. Download Proposal PTK SD Lengkap Terbaru Tahun 2017
Berikut di atas yaitu Pengertian Proposal dan Tujuan Pengajuan Proposal Secara Garis Besar, diperlukan dengan adanya klarifikasi tersebut anda sanggup lebih memahaminya. Untuk tahap berikutnya di sarankan untuk mengetahui Proposal Sebagai Rencana Sebuah Program.

Advertisement

Iklan Sidebar