'/> Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik Dan Benar Semua Perkara

Info Populer 2022

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik Dan Benar Semua Perkara

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik Dan Benar Semua Perkara
Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Yang Baik Dan Benar Semua Perkara

Contoh Surat Pengunduran Diri – Hallo sobat sharing. Setelah beberapa waktu kemudian saya bahas soal contoh surat lamaran kerja, kali ini saya akan sharing wacana contoh surat pengunduran diri/ contoh surat resign.


Sering kali memang terlalu banyak alasan yang menciptakan seseorang tidak nyaman bekerja atau beraktivitas di instansi atau perusahaan tertentu. Sehingga mengundurkan diri yakni jalan terbaik untuk semuanya.


Nah, ketika membuka artikel ini niscaya kau sedang mencicipi apa yang saya tuliskan di atas dan membutuhkan contoh surat pengunduran diri 😉


Tapi tidak komprehensif rasanya jikalau membahas contoh surat pengunduran diri tanpa memahami makna dan barbagai macam ketentuannya. Untuk itu mari simak sedikit wacana surat pengunduran diri berikut ini.





Sekilas Tentang Surat Pengunduran Diri / Surat Resign




Surat pengunduran diri yakni surat yang berisi pernyataan resmi bahwa seseorang mengundurkan diri dari suatu instansi perusahaan, pemerintahan maupun organisasi. Setiap orang berhak untuk menciptakan surat pengunduran diri, meski mundur dari jabatab PNS (Pegawai Negeri Sipil) sekalipun.


Alasan Resign Kerja yang Profesional


 Setelah beberapa waktu kemudian saya bahas soal  Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar Semua Perkara
wikihow.com

Seseorang keluar dari daerah kegiatan sebelumnya niscaya ada alasan tertentu, baik alasan yang profesional dan layak diutarakan atau alasan yang kurang pantas. Kalaupun ada alasan kau kurang pantas, sebaiknya dikemas dengan bahasa yang baik semoga tidak merugikan siapapun.


Inilah alasan-alasan resign kerja yang bijak dan profesional:



  1. Merasa tidak nyaman dengan budaya lingkungan kerja yang tidak nyaman.

  2. Upah / Gaji yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan

  3. Bosan, ingin mencari tantangan baru.

  4. Jenjang karir perusahaan atau instansi yang tidak menarik.

  5. Ingin mencari profesi yang lebih relevan dengan bidang pendidikan.

  6. Pindah domisili bersama keluarga.

  7. Memiliki anak atau mengasuh anak (kebanyakan untuk ibu-ibu)

  8. Keinginan untuk melanjutkan study.

  9. Memulai perjuangan sendiri.

  10. Kenyataan yang kurang sesuai dengan kontrak kerja yang disepakati.

  11. Kondisi kesehatan/fisik yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja.

  12. Kebijakan perusahaan yang merugikan.

  13. Work Overload, yaitu terlalu tingginya beban kerja perusahaan yang tidak segera diatasi.

  14. Persaingan jenjang karir yang tidak sehat.


Adapun contoh  alasan resign yang bergotong-royong dan kurang layak ditulis yakni sperti ini:



  1. Tidak suka dengan salah seorang teman kerja, si A misalnya.

  2. Konflik dengan atasan atau bawahan.

  3. Iri dengan teman kerja gres yang tiba-tiba naik karirnya.

  4. Cinta ditolak teman kerja.

  5. Mengikuti teman kerjanya yang resign duluan.


Nah sobat sharing, jikalau resign dari perusahaan daerah kerja sebaiknya kau buat alasan resign yang sebijak dan selayak mungkin ya, semoga surat pengunduran dirimu diterima dan kau keluar dengan terhormat dengan membawa uang pesangon 🙂


Fungsi Surat Pengunduran Diri / Surat Resign



  1. Untuk memilih kejelasan status seseorang di instansi atau perusahaan.

  2. Untuk menunjukkan kesempatan pada perusahaan atau instansi untuk mencari penggantimu, sebelum kau benar-benar keluar.

  3. Untuk memutus semua kontrak yang telah disepakati di awal.

  4. Sebagai sopan santun untuk menjaga nama baik kau semoga tetap dikenal profesional dan terhormat.




Format Surat Pengunduran Diri / Surat Resign  




Format surat pengunduran diri sangatlah sederhana. Semakin sederhana semakin baik. Tapi tetap harus memperhatikan etika, lantaran pengunduran diri seseorang merupakan hal yang kurang disukai oleh instansi atau perusahaan manapun.


Sederhananya surat pengunduran diri terdiri dari poin-poin berikut ini:



  • Waktu tanggal dan daerah dibuatnya surat : Biasanya di sebelah kanan atas

  • Nama dan alamat tujuan surat: Bisa di sebelah kanan atau kiri atas. Tapi di bab kiri lebih menguntungkan, kerena jikalau alamat panjang resiko pemenggalan lebih kecil.

  • Isi surat pengunduran diri

  • Tanda tangan dan nama terang

  • Materai


Nah, bila sudah memahami seluruh aspek di atas, kini saatnya kau simak contoh surat pengunduran diri di bawah ini. Contoh- contoh surat pengunduran diri di artikel ini sudah sesuai dengan EYD dan hukum yang baku.




Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana




Buat kau yang gak suka ribet, ini contoh surat pengunduran sederhana yang cocok untuk kau tiru.



 


SURAT PENGUNDURAN DIRI


 


Yang bertanda tangan di bawah ini :

















Nama: Suwandi
Tempat, tanggal lahir: Sumenep, 11 Maret 1979
Jabatan: Kasi Kesra Desa

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kasi Kesra Desa terhitung semenjak tanggal 07 April 2017. Pengunduran diri ini saya olok-olokan lantaran sudah tidak sanggup lagi memikul atau melakukan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut.


Demikian, harap menjadi maklum.


Moncek Timur, 01 Juni 2013


Yang Menyatakan


SUWANDI



 




Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


 


Meskipun telah mendapat pekerjaan gres yang lebih baik, sebaiknya kau tetap menciptakan surat pengunduran diri. Jika kesulitan menciptakan surat resign, silakan contoh surat pengunduran diri kerja berikut ini:



 


SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI


 


Jakarta Selatan, 2 Desember 2016


Kepada Yth,

Kepala Cabang J&T Express Tangerang

Jl. Pluit Selatan Raya Kav 1 (14440) Jakarta Utara


 


Dengan Hormat,


Bersama surat ini saya Indra Bekti  mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi sebagai Kurir Delivery semenjak tanggal 13 Desember 2016


Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi kepada saya untuk bekerja di J&T EXPRESS Cabang Jakarta Utara sebagai Kurir Delivery selama kurang lebih 1 tahun ini.


Tidak lupa saya mohon maaf kepada jajaran administrasi PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi


Saya sangat berharap PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “Nomor 1 di Indonesia”.


 


Hormat saya


 


Indra Bekti



Contoh surat pengunduran diri kerja di atas termasuk yang sederhana, namun tetap sopan dan beretika.




Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan




Memang tidak semua orang sanggup bekerja usang di suatu jabatan. Ada orang-orang yang sangat gampang bosan sehingga merasa tidak nyaman dengan jabatan yang tak kunjung berganti. Itu wajar. Berikut ini contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang sudah tidak nyaman untuk kamu.



 


Malang, 8 Mei 2017


 


Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang

Prof. dra. Chelsi Lestari, M.Si., Ph. D

Di Kampus UIN, Malang


Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L  UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 12 Mei 2017 dikarenakan mendapat pekerjaan baru.


Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan administrasi UPT K3L UIN Malang jikalau terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.


Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang sanggup berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.


 


Hormat Saya,


Diana Ramadhani



Itulah contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang sanggup saya sajikan. Semoga kau lekas mendapat jabatan yang menyenangkan di daerah kerja baru.


Baca juga: Contoh Surat Surat Izin Tidak Masuk Kerja




Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan




Sebelum keluar dari perusahaan, ada baiknya kau pahami dulu mekanisme pengunduran diri yang telah ditetapkan perusahaan dan tidak mendadak. Hal itu untuk menjaga stabilitas kinerja disana. Sampaikan maksud pengunduran diri dengan surat yang baik. Berikut ini contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang sanggup kau pelajari:


 



.


Magelang, 13 September 2017        .


 


Kepada Yth,

Direktur Utama

PT. Daya Guna Mandiri

Magelang


Dengan Hormat,


Melalui surat ini, saya Romi Gunawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Daya Guna Mandiri sebagai Karyawan Gudang PT. Daya Guna Mandiri, terhitung semenjak tanggal 17 September 2017.


Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Daya Guna Mandiri selama 3 tahun ini.


Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan administrasi PT. Daya Guna Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sadari ataupun yang tidak saya sadari. Saya berharap semoga PT. Daya Guna Mandiri semakin maju dan berkembang pesat.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat Saya,


 


Romi Gunawan



Itulah contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang sanggup kau jadikan acuan.


Baca juga: Contoh Surat Kuasa Berbagai Macam




Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar




Surat pengunduran diri merupakan salah satu surat resmi. Oleh alasannya itu tata cara penulisannya harus benar. Inilah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar secara EYD dan tata bahasa Indonesia.



 


Magetan, 10 Januari 2017


Kepada Yth,

Ketua Koperasi Pegawai Negeri Al Hidayah

Di

Tempat


 


Dengan Hormat,


Yang bertanda tangan di bawah ini :





















Nama: Tedi Supriadi
NIP: 197403142115011000
Jabatan / Pekerjaan: Staf Bendahara Seksi PAI
Instansi: Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan.

Mengajukan pengunduran diri sebagai anggota Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Al Hidayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan lantaran saya membutuhkan pemberian dana yang mendesak untuk keperluan keseharian rumah tangga tanpa cicilan perbulan.


Demikian surat pengunduran diri ini saya tulis dengan sesungguhnya. Atas pemberian dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.


 


Mengetahui :


Ketua Koperasi Pegawai Negeri Al Hidayah                                    Hormat Saya


 


 


Rustam, S. Pd.I., M.Pd                                                                       Tedi Supriadi

NIP. 197006149992031003                                                              NIP. 197403142115011004


 



Seperti itulah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Kamu sanggup membuatnya sesuai sikon yang kau alami ketika ini.




Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi




 Setelah beberapa waktu kemudian saya bahas soal  Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar Semua Perkara
hbr.org

Bila kau kesulitan membagi waktu untuk organisasi, karir dan keluarga, maka tidak ada jalan lain kecuali mengundurkan diri. Gunakan contoh surat pengunduran diri dari organisasi ini untuk menciptakan surat resign kamu.



Download (PDF, 23KB)


Begitulah, contoh surat pengunduran diri dari organisasi biasanya lebih panjang dari pada surat resign kerja.




Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah




Bagi kau yang akan pindah sekolah lantaran orang bau tanah pindah domisili, maka tidak serta merta pribadi sanggup pindah. Pertama, kau harus mengajukan surat pengunduran diri dari sekolah yang lama. Setelah diterima, gres kau akan dibuatkan surat keterangan pindah sekolah.


Berikut ini contoh surat pengunduran diri dari sekolah Sekolah Menengah kejuruan di Bandung:


 



  Setelah beberapa waktu kemudian saya bahas soal  Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar Semua Perkara




SURAT PENGUNDURAN DIRI

No : 001/SMK_BS2/PPM/XI/2017


Kepada :

Yth. Kepala Sekolah Menengah kejuruan Bina Siswa 2 Cililin

Jl. Raya Cijenuk No.26.Kp Dengkeng Rancapanggung

Bandung Barat


Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

















Nama siswi: Cucu Ambar Wati
Kelas: XI. TKJ.2
Nomor Induk: 1415.102.32

Mengajukan pengunduran diri dari Sekolah Menengah kejuruan Bina Siswa 2 Cililin, Jl. Raya Cijenuk No.26.Kp Dengkeng Rancapanggung Bandung Barat dengan alasan:


………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya , atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.











Orang Tua Siswa


.


(………………………………)


Bandung,  Agustus  2017


(Cucu Ambar Wati)


 


Siswa/Murid


 



Itulah contoh surat pengunduran diri dari sekolah. Untuk KOP suratnya kau sanggup minta ke bab TU sekolah. Atau, kau sanggup pribadi minta bab TU untuk berbagi surat pengunduran diri.


Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan


Kapanpun dan dimanapun bekerja, alangkah baiknya selalu menjaga attitude. Karena sanggup jadi atasan dan rekan kerjamu yang kini suatu ketika akan menjadi penolong karirmu. Berikut contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan yang sanggup kau jadikan referensi:



.


Kuala kurun, 31 Juli 2016   .


Kepada Yth,

Bapak  Sulaimin

Selaku HRD PT. Tunas Harapan Baru

Di Medan


Perihal : SURAT PENGUDURAN DIRI


 


Dengan segala hormat, saya yang bertanda tangan di bawa ini;


Nama               :  Dahnil Eka Purnama, ST.

Jabatan            :  Site Manager Proyek PMKS PT. THB


ingin mengajukan surat pengunduran diri (resign) dari PT. THB yang bapak  pimpin terhitung semenjak tanggal  8 Agustus 2016 lantaran kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk bekerja.


Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama dan bimbingan yang diberikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Mohon maaf atas segala kesalahan selama bekerja, baik yang saya sadari maupun tidak.


Atas perhatian bapak /Ibu  saya ucapkan terimaksih.


 


Hormat Saya,


Dahnil Eka Purnama, ST



Itulah contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Semoga sanggup membantu kau menyusun surat pengunduran diri.




Contoh Surat Pengunduran Diri dari Guru




 Setelah beberapa waktu kemudian saya bahas soal  Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar Semua Perkara
blog.sibme.com

Sebagai guru honorer, tentu hal yang paling diperlukan yakni mendapat SK PNS. Tapi sering kali mereka harus mengajar di daerah lain sesuai keputusan pemerintah. Nah, apabila kamu yakni salah seorang guru yang mengalami hal di atas, contoh surat pengunduran diri dari guru ini akan sangat membantumu.



Bekasi,  8 September 2017


Kepada Yth.

Kepala Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Bekasi

Jln.Noenoeng Tisnasaputra Kahuripan Tawang Bekasi


Perihal          : Pengunduran Diri


Dengan Hormat,


Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

























Nama: H. Halim Abdul Said,S.Kom,Gr.
Tempat, Tanggal lahir: Jeddah, 30 Oktober 1988
Jabatan: Guru Teknik Komputer dan Jaringan
NUPTK: 1362766668137003
Alamat: Kp. Cariwuh RT 003 RW 04  Kel. Majuasri Kec. Bintang,   Kab. Bekasi

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 11 September 2017 Tahun 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Teknik Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Bekasi dikarenakan sudah mendapat Surat Keputusan CPNS  80% sebagai Guru Garis Depan 2016 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2017 ,TMT 01-08-2017 yang ditempatkan di Sulawesi Tenggara, Kolaka Timur Unit Kerja di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Ueesi.


Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Bekasi untuk sanggup bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapat ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Bekasi  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Bekasi bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.


Besar cita-cita saya bahwa Sekolah Menengah kejuruan Negeri 2 Bekasi sanggup menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.


 


Hormat Saya


Fakhru Rozi,S.Kom,Gr





Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris




Jika ingin menciptakan surat pengunduran diri yang tidak biasa, resign letter yakni pilihannya. Yaa, surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris akan menciptakan kau tampak lebih kredibel dan profesional. Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris berukut ini sanggup kau jadikan referensi. Check this out!


Resign Letter



 Setelah beberapa waktu kemudian saya bahas soal  Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar Semua Perkara



Keren kan, surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris? Kini giliran kau yang membuatnya.




Tips dan Trik Dalam Membuat Surat Pengunduran Diri / Surat Resign




Membuat surat surat pengunduran diri sebaiknya tidak sembarangan. Harapannya, kau sanggup keluar dari instansi yang usang tanpa meninggalkan jejak negatif. Lagi pula jikalau keluar dengan cara yang baik maka kemungkinan kau akan mendapat pesangon sekaligus akta sebagai bukti bahwa kau mempunyai pengalaman kerja di bidang tersebut, atau kau pernah berkiprah di organisasi tersebut.


Nah, berikut ini trik dan tips supaya surat pengunduran diri kau diterima dengan baik oleh instansi atau perusahaan kamu:



  1. Isi surat sebaiknya “to the point” atau tidak bertele-tele. Agar pihak perusahaan tidak enggan membaca suratmu.

  2. Buatlah alasan mundur yang logis dan tidak mencela instansi atau perusahaan.

  3. Berilah ucapan terima kasih kepada pimpinan instansi atau perusahaan. Meski mungkin kau ada rasa kecewa, setidaknya kau pernah mencar ilmu dan mengasah skill disana.

  4. Sampaikan juga permohonan maaf, alasannya beberapa perilaku kita dalam beraktivitas niscaya pernah menyakiti mereka.


Untuk menambah wawasan, kau sanggup tonton video pendek wacana tips mengundurkan diri berikut ini:




Advertisement

Iklan Sidebar