'/> 8 Pola Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap

Info Populer 2022

8 Pola Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap

8 Pola Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap
8 Pola Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap

Halo sobat sharing, kali ini kita mau mengulas perihal contoh pidato singkat. Sebelum lompat ke misalnya kita mau membahas perihal pengertian pidato terlebih dahulu, bersama-sama apa sih pidato itu?


Pidato berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditunjukan orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.


Tujuan pidato itu sendiri yaitu untuk mempermudah komunikasi antara pembicara dengan pendengarnya serta membuat keadaan yang aman dimana hanya perlu satu orang saja yang melaksanakan pidato.


Pidato merupakan kegiatan yang tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Ada beberapa orang menemui kesulitan dalam melaksanakan pidato. Hal itu disebabkan oleh beberapa factor yang mungkin sobat juga merasaknnya, ibarat kurang percaya diri, mengalami demam panggung atau factor yang lainnya.


Melakukan pidato tentunya akan berhadapan dengan khalayak ramai, dimana membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Untuk itu sobat yang gres pertama kalinya melaksanakan pidato atau masih dalam tahap pemula sebaiknya mempersiapkan pidato secara matang, dengan latihan yang terus menerus supaya ketika berpidato bisa berjalan dengan lancar. Begitu juga sobat yang sudah biasa melaksanakan pidato, bukan berarti lantas tidak melaksanakan persiapan. Kalian juga harus melaksanakan latihan namun frekuensinya sedikit berkurang lantaran sudah tidak banyak menemui kesulitan.


Untuk itu kita memberi contoh pidato singkat kepada sobat sebagai salah satu persiapan buat kalian. Hal yang perlu diperhatikan sebelum pidato yaitu topik, disini kita akan memberi contoh pidato singkat mengenai pendidikan.


Sobat bisa menyesuaikan isi pidato dengan objek pidato kalian. Sebagai contoh, semisal sobat ingin berpidato dalam lembaga remaja, kalian bisa berpidato dengan topik kenakalan remaja. Jika sobat ingin akan berpidato dalam organanisasi daerah, bisa  berpidato mengenai potensi daerah, serta  masih banyak topik yang bisa kalian cari.


Bahasa yang tegas dan terperinci wajib dimiliki oleh orang yang akan berpidato, supaya isi pidatonya sanggup tersampaikan dengan tepat dan tidak menyebabkan kebingungan. Begitu juga wawasan yang luas perlu dimiliki oleh sobat, lantaran isi pidato akan memberi dampak yang besar kepada khalayak, maka sampaikan pidato yang positif dan berkualitas.



Jenis-Jenis Tehnik Pidato


Sekali lagi, pekerjaan pidato bukanlah hal yang mudah. Maka orang-orang memakai aneka macam macam tehnik (cara) semoga bisa tampil dengan maksimal. Setidaknya ada 4 tehnik berpidato yang sering digunakan:



  1. Tehnik Pidato Impromtu


Tehnik impromtu disadur dari kata ‘improvisasi’. Makara pembicara berpidato tanpa persiapan apapun, atau spontanitas. Cara ini sangat tergantung pada jam terbang pembicara serta kemampuannya dalam berfikir cepat dan menyusun kata-kata. Kelebihan tehnik ini ialah pembicara sanggup menguasai panggung sepenuhnya. Kekurangannya, sering kali banyak poin-poin penting yang terlewat/terlupa untuk disampaikan.



  1. Tehnik Pidato Ekstemporan


Yakni tehnik pidato dengen menyiapkan poin-poin penting yang ingin disampaikan sebelum berpidato. Tehnik ini dirasa yang paling elegan. Karna tidak terlalu konseptual juga tidak terlalu bebas.


Kelebihan tehnik ini ialah pidato terasa lebih natural (mengalir), tapi juga masih tetap dalam koridor tema yang sudah ditetapkan. Kekurangannya kadang pembahasan kurang mendetail dan mendalam.



  1. Tehnik Pidato Naskah


Sesuai namanya, tehnik ini dilakukan dengan menyusun naskah secara utuh, kemudian dibaca saja dalam pidato. Pastinya kau sudah sering kan menjumpai tehnik pidato ini. Kelebihan metode ini, semua pandangan gres dan poin penting tersampaikan dengan sempurna, bahkan utuh beserta sistematika kalimat dan redaksinya. Namun kekurangannya seringkali nada terlalu datar, monoton dan membuat audience mengantuk. Karna tidak ada kontak komunikasi antara pembicara dan pendengar.



  1. Tehnik Pidato Menghafal


Bisa dibilang tehnik ini setingkat lebih sulit dari pada pidato naskah. Pembicara menyiapkan naskah pidato, kemudian menghafalkannya sesuai dengan teks di dalam naskah tersebut. Kelebihan tehnik ini hampir sama dengan pidato naskah, yakni isi pidato lebih terstruktur dan rapih. Namun kekurangannya sering kali pembicara menjadi lupa dan grogi kemudian semakin lupa. Wahh gak kebayang kan kalau gres setengah pidato, kemudian semua ingatanmu hilang 😀


Nah, itulah 4 tehnik pidato yang sering digunakan. Kamu bisa menentukan yang paling cocok buat kamu.


Isi Pidato


Salah satu ciri pidato yang baik ialah sistematika yang runtut. Sehingga para pendengar atau audiens bisa menangkap dengan baik isi pidato. Umumnya susunan pidato terdiri dari hal-hal berikut ini:



  1. Pembukaan


Di potongan ini biasanya ada ucapan salam pembuka, penghormatan, dan pendahuluan mengenai topik yang dibahas.



  1. Bagian Isi


Bagian pokok fikiran yang ingin disampaikan oleh pembicara. Isinya berupa paparan suatu hal, diikuti dengan alasan, bukti dan contoh. Tentu saja pada point ini penyampaian pembicara harus lantang dan jelas, sebagai pengutamaan bahwa itulah point penting yang ingin disampaikan.



  1. Bagian Penutup


Bagian epilog biasanya berupa berisi kesimpulan serta seruan (bahasa persuasif) dari pembicara kepada hal-hal tertentu. Kalimat epilog berupa permohonan maaf, terima kasih dan salam penutup.


Contoh Pidato Singkat


 kali ini kita mau mengulas perihal contoh pidato singkat 8 Contoh Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap
deepawali.co

 



Assalamu’alaikum wr.wb


Yang saya hormati Kepala Sekolah MA Al- Mahrusyah  Kota Kediri


Yang saya hormati seluruh guru MA Al-Mahrusyah kota Kediri beserta stafnya


Dan Teman-teman yang berbahagia


Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanallahu Wata’ala  dengan ucapan Alhamdulillah, atas kehendak Nya kita diberi kesempatan untuk berkumpul di sini dalam kegiatan lepas kenang kelas XII MA Al-Mahrusyah Kota Kediri tahun 2017 dalam keadaan Islam dan Iman masih didalam dada kita.


Sholawat beserta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar, Nabi agung, Nabi Muhammada Shallallahu ‘Alaihi Wassalam yang telah membawa lentera islam dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.


Saya mengucakan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berpidato disini. Saya selaku perwakilan dari kelas XII akan berpidato mengenai pentingnya pendidikan. Setiap anak bekewajiban memperoleh pendidikan yang layak, baik pendidikan formal maupun non-formal. Pada pelaksanaanya pendidikan juga harus sama rata tanpa melihat latar belakang akseptor didik. Kita disini haruslah bersyukur lantaran sanggup mengenyam pendidikan yang layak, diluar sana masih banyak yang belum mendapat pendidikan yang layak.


Pendidikan formal ialah kegiatan pendidikan yang dilaksanakan dalam suatu lembaga pendidikan yang mempunyai kurikulum yang sistematis sesuai dengan tingkatannya. Selain itu pendidikan ini juga telah diakui oleh pemerintah. Seperti SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas(SMA), dan sekolah yang setingkatnya ibarat yang kita jalani dikala ini.


Pendidikan sangatlah penting bagi kita teman-teman. Mengapa demikian? Karena pendidikan sangat diharapkan dalam kehidupan dan masa depan. Dengan mendapat pendidikan hidup akan terarah , semakin baik serta pola pikir kita kan terbentuk lebih baik lagi sehingga tumbuhlah generasi-generasi bangsa yang yang unggul, cerdas dan berprestasi. Dan yang terpenting ialah memajukan negara kita, yaitu Indonesia.


Di zaman kala digital ini kita dimudahkan untuk mendapat info yang lebih cepat dan lebih banyak, namun hal in sanggup berdampak positif dan negatif bagi pendidikan di Indonesia. Derasnya arus info ini kita dituntut untuk pandai-pandai memilah info dan memanfaatkannya dengan maksimal. Peran guru disini sangat diharapkan lantaran siswa pun tidak serta merta bisa menghadapi keadaan yang sedemikian rupa, sebagai guru kita berharap sanggup membimbing serta mengarahkan kita supaya tidak terjebak pada jalan yang salah. Pendidikan di sekolah formal juga kita harap juga mendukung perkembangan zaman dikala ini, dengan menyediakan sarana dan prasarana teknologi yang baik dan layak. Dengan sarana yang mendukung, akseptor didik niscaya akan sanggup menjalankan kgiatan berguru mengajar dengan baik dan maksimal.


Bapak ibu guru dan teman-teman yang berbahagia.


Dalam suatu Hadits meyebutkan yang artinya “Tuntutlah ilmu semenjak dalam buaian hingga liang lahat”. Hadist tersebut menguatkan betapa pentingnya pendidikan bagi kita semua, sesudah kita lulus dari sini bukan berarti kiprah kita sebagai siswa sudah selesai, namun sesudah ini ialah fase awal yang lebih berat lagi, dan itu bisa kita hadapi dengan belajar.


Saya selaku perwakilan siswa kelas XII mengucapkan banyak terimaksih kepada seluruh guru yang telah nrimo menawarkan ilmu dan membimbing kita selama tiga tahun. Kepada adik-adik kelas kita berharap hal yang kita lakukan selama ini jadikanlah teladan bagi kalian, bila itu ialah hal yang positif. Namun bila itu justru sebaliknya kita mohon jangan ditiru. Harapan kami juga adik-adik kelas sanggup menjadi generasi yang lebih baik lagi dari angkatan kami. Kepada teman-teman dan bapak ibu guru, kami minta do’anya untuk kami, supaya sanggup melanjutkan harapan serta menjadi insan yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara.


Kami juga meminta maaf kepada semua civitas akademik, atas kesalahan kami selama tiga tahun. Mulai dari absen jam pelajaran, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) , dan kesalahan lain. Kita juga menyadari ketika bapak ibu guru murka dan tegas kepada kita itu memperlihatkan bahwa hal itu bertujuan baik untuk kita lantaran ibarat tadi pendidikan ialah hal yang sangat penting. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada semuanya yang telah menemani  kita untuk menjalani proses pembelajaran selama tiga tahun.


Singkat dari saya, Wallahu A’lam bis Showab


Wassalamu’alaikum wr.wb.



 


Contoh Pidato Perpisahan Sekolah


Dalam perpisahan sekolah, seringkali ada perwakilan siswa yang menawarkan pidato. Kesempatan pidato ini bisa diguanakn sebagai sarana melatih mental dan kemampuan public speaking. Berikut ini contoh pidato perpisahan sekolah


 kali ini kita mau mengulas perihal contoh pidato singkat 8 Contoh Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap
scribd.com

 


Contoh Pidato Tentang Pendidikan


Salah satu topik yang sering dibahas belum dewasa sekolaha dalah pendidikan. Inilah contoh pidato perihal pendidikan yang dibentuk oleh saudari kita Nurul Intan Nabila:


 



Teks Pidato


Tema                          : Pendidikan Berkarakter Bagi Indonesia


Pembaca Pidato         : Nurul Intan Nabila




Assalamu’alaikum Wr Wb, salam sejahtera bagi kita semua.


Alhamdulillah, dikala ini kita masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk berkumpul bersama di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat dan tidak kekurangan suatu apapun.Tidak lupa pula, marilah kita panjatkan salawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW beserta pengikutnya hingga selesai zaman.


Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak, Ibu, dan Teman-teman yang telah hadir pada pagi hari ini. Singkat kata, perkenalkan nama saya Nurul Intan Nabila dari Sekolah Menengan Atas PLUS NEGRI 17 PAELMBANG.


Baiklah saudaraku sekalian, kita semua tahu masa muda hanya sanggup kita rasakan satu kali dalam hidup. “Masa muda, masa yang berapi-api” sesuai dengan petikan lagu Bang Haji Rhoma tersebut sangat tepat untuk kita para pemuda-pemudi Indonesia yang sedang menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Karena, seorang cowok penerus Bangsa sudah selayaknya mempunyai tekad dan kemauan yang tinggi untuk meraih masa depan dengan cara yang baik dan bijaksana.


Pahamilah, bahwa kesuksesan tidak cukup hanya dengan keinginan lantaran semua orang ingin sukses, maka dari itu pemuda-pemudi Bangsa Indonesia haruslah mempunyai komitmen dan prinsip yang berpengaruh semoga kita sanggup meraih kesuksesan.


Masa muda ialah masa dimana kita para penerus bangsa sangat membutuhkan kasih sayang, perhatian, kenyamanan baik dari pihak luar maupun pihak dalam, lantaran bentuk-bentuk perhatian ibarat itu sanggup membuat moral anak muda menjadi lebih bermakna dan mereka lebih bisa mengendalikan diri untuk tahu bahwa mereka mempunyai orang-orang yang sanggup mereka andalkan. Namun, kita tidak hanya membutuhkan moral saja. Mengapa? Karena pendidikan juga sangat diharapkan bagi kami penerus bangsa yang akan datang. Pendidikan juga akan sia-sia apabila tidak di lakukan sesuai dengan moral dan sistem pendidikan yang baik. Bangsa Indonesia haruslah mempunyai pendidikan berkarakter yang baik, terjamin, dan berkualitas. Pendidikan berkarakter ialah suatu perjuangan yang dilakukan secara sengaja untuk membantu pembentukan aksara cukup umur secara optimal. Pendidikan merupakan wadah atau konsep dasar yang diterapan ke dalam pikiran untuk menjadikan seseorang mempunyai akhlak, budi pekerti, kedisiplinan, tanggung jawab dan berani berkomitmen dengan siapapun. Pendidikan berkarakter seharusnya sudah dimasukkan kedalam kurikulum pembelajaran di Negri ini. Mengapa saya berkata demikian? lantaran yang kita tahu bahwa penataran P4 hanya kita dapatkan di pembelajaran Kewarganegaraan saja, itu juga dikala sebelum adanya kurikulum 2013. Maka dari itu, sudah selayaknya penataran P4 sudah harus dihidupkan kembali dan masuk kedalam pembelajaran kurikulum 2013.


Hadirin yang saya hormati,


Pendidikan yang berkarakter sanggup dibina dengan baik apabila kita sebagai rakyat Indonesia mau dan terus berusaha untuk mencapai Indonesia yang lebih baik dimasa yang akan datang. Setidaknya, ada 7 nilai aksara yang seharusnya sudah diajarkan dan sanggup dirasakan oleh masyarakat banyak antara lain Sikap toleransi, Jurjur, Mandiri, Kreatif, Kerja Keras, Komunikatif, dan Bertanggung Jawab. Mengapa saya katakan demikian? Sikap toleransi dan kejujuran sangat dijunjung tinggi oleh pihak manapun, lantaran apabila perilaku toleransi tidak kita lakukan maka akan berdampak jelek bagi banyak orang. Seperti perang antar siswa sekolah atau kita kenal dengan tawuran sangat merugikan dan meresahkan warga yang melihat. Lalu, mengapa mereka melaksanakan tindakan tersebut? Pertama tidak adanya perilaku toleransi, yang kedua mereka terlalu mementingkan keegoisan dan tidak mau mengakui adanya kekalahan. Padahal, apabila kita mengakui dan jujur maka semua hal tersebut mustahil terjadi. Selanjutnya, kita sebagai generasi muda sudah selayaknya mempunyai potensi yang baik ibarat Mandiri, Kreatif, dan Kerja keras. Karena tiga hal tersebut sangat mendominasi untuk menjadi langsung yang lebih unggul dan mempunyai tingkat kependidikan berkarakter yang lebih tinggi. mengapa anda harus mandiri, kreatif, dan bekerja keras? Karena, tiga hal tersebut sulit untuk didapatkan seutuhnya, maka dari itu kita harus mempunyai pembelajaran didunia pendidikan yang lebih berkarakter.


Hadirin yang saya cintai,


Pendidikan yang berkarakter bagi Indonesia ialah pendidikan yang mempunyai makna yang tersembunyi dan sanggup berbagi perilaku yang baik bagi penerus bangsa Indonesia. Pendidikan yang baik, sudah niscaya mutu terjamin. Maka dari itu, perilaku komunikatif dan mempunyai kepribadian yang bertanggung jawab terhadap apa yang diberikan dan apa yang dilaksanakan, merupakan bukti konkret bahwa pendidikan yang baik bagi Indonesia harus mempunyai 7 nilai aksara yang sudah ada.


Hadirin sekalian,


Marilah kita bersama-sama menyelamatkan generasi muda penerus bangsa yang telah berada di ambang kehancuran. Jangan hingga bangsa kita dipenuhi oleh pemuda-pemudi yang tidak berkarakter. Oleh alasannya itu, kita harus bertindak cepat semoga sanggup menemukan jati diri yang baik dengan cara menawarkan pendidikan aksara kepada mereka semoga bangsa Indonesia tidak mengalami kekejaman aksara yang sanggup menyebabkan perpecahan antar sesama.


Hadirin yang saya hormati,


Demikianlah pidato singkat saya. Semoga apa yang telah saya sampaikan dikala ini sangat mempunyai kegunaan bagi kita semua. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam hal penyampaian. Terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri.


Wassalamu’alaikum Wr Wb.


 



Demikianlah contoh pidato perihal pendidikan yang bisa saya tampilkan. Kamu bisa menyusun sendiri pidato kau dengan melihat contoh ini.


Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup



Assalamu’alaikum Warohmatulloh Wabarokaatuh.


Pertama, marilah senantiasa kita panjatkan puja dan puji syukur kehadrat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah mencurahkan begitu banyak nikmat kepada kita semua. Salah satu nikmat itu ialah kita masih diberi kesempatan untuk menikmati lingkungan yang sehat, sejuk dan asri ini. Semoga nikmat ini senantiasa dilimpahkan oleh Allah SWT hingga ajal kita, bahkan hingga masa anak cucu dan keturunan-keturunan kita.


Kedua, sholawat dan salam juga tak lupa juga kita lantunkan pada junjungan terbaik kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, dan seluruh ummatnya hingga selesai zaman. Semoga kita dikumpulkan bersama dia di syurgaNya nanti, Aamiin.


Hadirin yang saya hormati dan saya muliakan.


Izinkan saya di sini memberikan sedikit perihal ‘Pentingnya Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup’. Sebab akhir-akhir ini semakin sedikit masyarakat yang memikirkan dan memperhatikan lingkungan hidup ini. Padahal menjaga lingkungan ialah suatu kewajiban kita bersama.


Langkah pelestarian lingkungan sudah dimulai oleh aneka macam pihak, ibarat pihak pemerintah, pihak industri (perusahaan), ilmuan dan lain-lain. Kita pun sebagai masyarakat bawah mempunyai kewajiban yang sama. Nah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, diantaranya:


Pertama: reboisasi, yakni penanaman pohon. Menanam pohon merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan, alasannya ia mempunyai kiprah yang sangat kompleks dalam ekosistem. Gerakan penanaman pohon sudah dimulai oleh pemerintah, yakni dengan membuat kegiatan “Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon”. Diharapkan masyarakat bisa melanjutkan kegiatan ini dalam wilayah yang luas, meskipun dalam skup yang kecil (pekarangan rumah).


Kedua: Bersepeda atau berjalan kaki. Selain menyehatkan tubuh, berjalan kaki dan bersepeda juga sanggup mengurangi polusi udara. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa asap kendaraan bermotor menyumbang polusi cukup banyak di lingkungan. Berbagai macam imbas ditimbulkan oleh asap ini, mulai dari emisi zat beracun hingga pemanasan global.


Ketiga: mengurangi kendaraan langsung dan lebih banyak memakai kendaraan umum. Ini merupakan kelanjutan dari potongan kedua tadi. Jika benar-benar terpaksa harus memakai kendaraan, maka alangkah baiknya memakai kendaraan umum. Sebab, kendaraan umum jauh lebij efisien dari pada kendaraan pribadi. Satu angkutan umum bisa mengangkut 10-20 penumpang. Jika 10-20 orang tadi memakai kendaraan pribadi, maka polusinya 10-20 kali lipat.


Itulah sedikit uraian saya mengenai upaya yang bisa dilakukan guna melestarikan lingkungan hidup. Masing-masing kita seharusnya bisa menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.Tugas menjaga lingkungan ini akan berat bila dilakukan oleh segelintir orang, namun akan terasa ringan bila ditanggung bersama-sama.


Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas segala perhatiaannya. Apabila banyak kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Akhiru kalam… Wassalamualaikum warohmatulloh wabarokaatuh.




Contoh Pidato Bahasa Inggris


Bagaimanapun, pidato dalam bahasa Inggris lebih bergengsi. Karena tidak semua orang bisa menyusun naskah pidato bahasa Inggris. Tapi bila tahu polanya, kau pun bersama-sama bisa berpidato Bahasa Inggris. Nah, inilah contoh pidato Bahasa Inggris yang bisa kau jadikan pola menyusun naskah.


 


 kali ini kita mau mengulas perihal contoh pidato singkat 8 Contoh Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap
scribd.com

Contoh Teks Pidato Bahasa Arab


Selain Bahasa Inggris, bahasa internasional yang sering dipakai ialah Bahasa Arab. Berikut ini saya share contoh pidato Bahasa Arab perihal persaudaraan:


 kali ini kita mau mengulas perihal contoh pidato singkat 8 Contoh Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap
scribd.com

 




Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa




Saat ini semakin jarang anak yang menguasai bahasa baku daerahnya. Bahasa yang sering dipakai ialah bahasa kawasan campuran. Padahal dalam pidato bahasa apapun sebaiknya memakai bahasa baku yang baik dan benar, termasuk pidato bahasa Jawa. Seperti apakah contoh pidato bahasa jawa yang baik dan benar? Perhatikan contoh berikut ini!


 kali ini kita mau mengulas perihal contoh pidato singkat 8 Contoh Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap




Contoh Teks Pidato Bahasa Sunda




Selain bahasa jawa, bahasa sunda juga menjadi bahasa kawasan yang paling banyak dipakai di Indonesia. Maka tidak ada salahnya bila terus mendukung generasi muda untuk merawat bahasa tersebut semoga menjadi kekayaan budaya di Indonesia. Salah satunya dengan berbagi pidato berbahasa Sunda. Berikut ini contoh pidato dalam bahasa sunda yang bisa kami sajikan:


 kali ini kita mau mengulas perihal contoh pidato singkat 8 Contoh Pidato Singkat (Perpisahan, Pendidikan, Bahasa Inggris) Lengkap
scribd.com

Pidato di atas hanyalah sebagai contoh ya sobat. Untuk pidato-pidato yang akan kalian buat lebih baik memakai gaya bahasa kalian sendiri, namun tetap memakai bahasa yang baik dan benar. Karena setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam berpidato. Jangan lupa dikala berpidato sobat  harus percaya diri ya. Demikian contoh pidato singkat ini mungkin bisa membantu sobat untuk berguru berpidato, atau untuk sekedar referensi. Selamat mencoba sobat.



Advertisement

Iklan Sidebar