'/> 13 Teladan Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri Dan Cara Membuatnya

Info Populer 2022

13 Teladan Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri Dan Cara Membuatnya

13 Teladan Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri Dan
Cara Membuatnya
13 Teladan Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri Dan
Cara Membuatnya

Hallo teman sharing, pada kesempatan ini saya akan menyajikan banyak contoh surat pernyataan kerja, kesanggupan, sikap, belum menikah dll, beserta format dan cara penyusunannya. Kamu niscaya sedang membutuhkannya. Simak yaa.


Pada zaman serba modern ini insan semakin gampang lupa. Semakin sedikit pula orang yang punya dapat dipercaya tinggi, orang yang setiap kata-katanya selalu sanggup dipegang, dan setiap tingkah lakunya mau ia pertanggungjawabkan.


Sehingga setiap pernyataan insan atau instansi perlu dilegalkan dan diikat oleh aturan negara, biar tidak ada pihak yang dirugikan di kemudian hari. Nah, surat pernyataan yaitu salah dokumen yang dilindungi oleh negara, dengan syarat bermaterai.


Sebelum masuk ke contoh surat pernyataan ada baiknya kita pahami sedikit wacana surat pernyataan itu sendiri.



Sekilas Tentang Surat Pernyataan


Surat pernyataan merupakan surat tertulis seseorang yang menerangkan  bahwa dirinya atau orang lain sesuai dengan apa yang tertulis dalam surat tersebut. Surat tersebut ditujukan kepada orang, kelompok masyarakat atau instansi tertentu.


Contoh surat pernyataan yang baik yaitu yang mempunyai kekuatan hukum. Surat pernyataan bisa mempunyai kekuatan aturan negara apabila bermaterai.


Jika surat pernyataan tidak bermaterai maka hanya mempunyai kekuatan aturan sosial atau norma tertentu dalam masyarakat saja. Artinya apabila ada pelanggaran dalam pernyataan hanya akan diadili oleh norma sosial dan kemasyarakatan saja.


Bentuk surat pernyataan bisa bermacam-macam, ibarat pernyataan pernah melaksanakan sesuatu atau tidak pernah melaksanakan sesuatu, pernyataan perilaku tertentu, pernyataan kesanggupan melaksanakan sesuatu dan lain-lain.


Perlu dipahami, bahwa surat pernyataan berbeda dengan surat keterangan. Simak perbedaannya dalam artikel: Contoh Surat Keterangan.


Fungsi Surat Pernyataan


 pada kesempatan ini saya akan menyajikan banyak  13 Contoh Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri dan Cara Membuatnya
document.no

Surat Pernyataan mempunyai fungsi dan manfaat untuk ketiga belah pihak, di antaranya untuk pihak pembuat surat pernyataan, pihak yang dinyatakan, dan pihak peserta surat pernyataan.


Fungsi surat pernyataan bagi pembuat surat:



  1. Berfungsi sebagai alat bukti penguat yang diakui oleh pihak lain bahwa dirinya atau pihak yang dinyatakan sesuai dengan apa yang tertulis dalam surat.

  2. Berfungsi untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak peserta surat.


Fungsi surat bagi pihak yang dinyatakan:



  • Surat pernyataan berfungsi mengukuhkan/menegaskan kondisi pihak yang diterangkan, baik keterangan positif maupun negatif (bila surat dibentuk oleh pihak ketiga).


Fungsi surat pernyataan bagi pihak penerima:



  1. Surat pernyataan berfungsi sebagai alat untuk meminta pertanggungjawaban apabila suatu dikala pihak pembuat ingkar janji, atau apa yang dinyatakan tidak benar.

  2. Surat perjanjian berfungsi untuk memperoleh kepastian gosip wacana pihak yang dinyatakan.


Format / Susunan Surat Pernyataan


Format surat pernyataan terdiri dari 3 cuilan pokok, yaitu nama surat, isi pernyataan, dan epilog surat.


a. Nama surat: biasanya ditulis dengan karakter tebal kapital dan rata tengah.


b. Isi surat pernyataan terdiri dari:

– Identitas pihak pembuat surat pernyataan

– Isi pernyataan, legalisasi sesuai dengan fakta yang ada

– Identitas pihak yang dinyatakan (bila surat dibentuk oleh orang ketiga)


c. Penutup surat pernyataan yang terdiri dari:

– Tempat dan tanggal pembuatan surat

– Identitas pembuat surat

– Nama terang

– Tanda tangan

– Keterangan komplemen (NIP, NIM atau lainnya)

– Materai (Opsional)


Cara Membuat Surat Pernyataan


Mungkin kau resah bila gres pertama menciptakan surat pernyataan. Sekarang tidak perlu resah lagi. Karena menciptakan surat pernyataan sangatlah mudah.


Surat pernyataan resmi dibentuk dengan memakai kertas HVS. Surat pernyataan pribadi tidak perlu memakai kop surat. Langsung saja ke nama surat pernyataan dan seterusnya hingga tanda pengenal, kemudian belikan materai 6000 dan ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan atas nama perorangan atau kelompok.


Secara garis besar susunan dan cara menciptakan surat pernyataan yaitu ibarat yang sudah saya ulas di atas. Namun nanti di lapangan yang berbeda hanya kata-katanya diadaptasi dengan kasus pembuatan surat pernyataan.


Bagaimana kata-kata di dalam surat-surat pernyataan? Kamu bisa pelajari semua contoh-contoh surat pernyataan di bawah ini, kemudian mengeditnya sesuai dengan kasus kamu.


Nah, bila ingin menambah banyak wawasan mengenai surat pernyataan silakan tonton video berikut ini:



Contoh Surat Pernyataan Kerja


Berikut ini contoh surat pernyataan kerja yang dibentuk oleh calon pegawi pada dikala akan masuk menjadi pegawai perusahaan. Isinya yaitu pernyataan bahwa calon pegawai memenuhi semua kriteria dan kualifikasi yang diminta perusahaan.



.


SURAT PERNYATAAN


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:









































Nama Lengkap:Udi Tyas
Tempat, Tanggal Lahir:Malang, 12 Maret 1993
Jenis Kelamin:Laki-laki
No. KTP:3000501989833672
Alamat Lengkap:Kelurahan Merjosari, Kec. Merjosari RT.04 RW.08, Malang

dengan ini menyatakan bahwa :



  1. Saat ini saya tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan apapun atau instansi lain di manapun.

  2. Saya bersedia untuk ditempatkan bekerja di seluruh cabang perusahaan PT. Coca-cola Indonesia.

  3. Saya bersedia melaksanakan kiprah pekerjaan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan perusahaan.

  4. Saya tidak akan cuti atau mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak kerja, dengan alasan apapun.

  5. Saya tidak akan merangkap pekerjaan di daerah lain selama masa kerja di PT. Coca-cola Indonesia.


Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila di kemudian hari saya melaksanakan pelanggaran atau pernyataan ini tidak sesuai yang bekerjsama maka saya siap mendapatkan segala konsekuensinya sesuai dengan aturan dan aturan yang berlaku.


Malang, 21 November 2017

Penulis Pernyataan


(materai 6000)


Udi Tyas



 


Itulah contoh surat pernyataan kerja sebagai gambaran. Kamu bisa membuatnya dalam versi kamu. Tapi harap berhati-hati dalam menuliskan kesediaan ini dan itu. Kamu harus benar-benar memahami maksud dan konskwensinya sebelum membuatnya. Jangan hingga nanti di kemudian hari kau menyesal. Karena ini untuk jangka panjang.


Berikut ini saya sertakan contoh surat pernyataan kerja versi word yang bisa kau edit langsung.


DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN KERJA


 


Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja


Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan


Ini yaitu contoh surat pernyataan kesanggupan bekerja. Meski bekerjsama surat pernyataan kesanggupan tidak hanya dalam dunia kerja.



.


SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN


MELAKSANAKAN PEKERJAAN


 


Yang Bertanda tangan di bawah ini :


Nama                     : Abdul Rokhim


NIP                        : 3000501989833672


NUPTK                 : 300050198983


Pendidikan Terakhir   : D3 Politehnik Negeri Malang


Masa Kerja              : 2014-2016


Menyatakan bersedia bertanggung jawab untuk mendapatkan Block Grant Peningkatan Kualifikasi S1/D4  bagi Guru dari LPMP Sumatra Barat sejumlah Rp. 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Saya berkomitmen memakai dana ini hanya untuk peningkatan Kualifikasi Akademik bagi guru ke jenjang S1/D4 di Universitas Negeri Malang masa studi tahun 2017.


Demikian surat kesanggupan ini bersifat mengikat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


 


Malang, 24 Pebruari 2016


Penerima Bantuan,


 


Abdul Rokhim


NIP. 3000501989833672


 



Itulah contoh surat pernyataan kesanggunpan yang bisa kau jadikan pola untuk menciptakan pernyataan yang semisal. Di bawah ini saya sertakan contoh surat pernyataan kesanggupan berbentuk word yang bisa kau edit langsung.


DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN


 


Contoh Surat Pernyataan Sikap


Berikut ini contoh surat pernyataan perilaku dalam suatu kasus di masyarakat, sehingga yang bertanda tangan cukup banyak.



.


SURAT PERNYATAAN SIKAP


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Alhamdulillah washsholatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala aali wa ashabihi wamantabi’ahum biihsaanin ilaa yaumiddin


Melihat permasalahan mengenai piket jaga yang tidak kunjung selesai, kami sangat khawatir hal ini akan sanggup mengakibatkan kesenjangan sosial diantara warga dan tentunya tidak kita inginkan bersama. Oleh alasannya yaitu itu kami warga RT 42, RW 16 Perum Tosari Indah Persada menawarkan pernyataan perilaku sebagai berikut :


Kami yakin bahwa pemberlakuan piket jaga dan denda bagi yang bolos itu sangat memberatkan beberapa warga yang dikuatkan oleh beberapa fakta dari absensi mereka dan adanya warga yang tidak mau bayar.


Rencana penarikan dana keamanan sebesar Rp. 20.000 guna membayar tenaga keamanan yang hanya bersifat formalitas hal ini juga  kami anggap memberatkan dan kurang tepat.


Oleh alasannya yaitu itu kami mendesak saudara Ketua RT 42 untuk segera menghapus pemberlakuan piket jaga berikut dengan denda-dendanya, uang ganti keamanan, uang jimpitan dan penarikan dana-dana lain yang dianggap tidak penting.  Dengan demikian diharapkan sanggup menawarkan kenyamanan bagi setiap warga yang tinggal di lingkunngan RT 42.


Demikian pernyataan perilaku ini dibentuk sebagai wujud kasih sayang, saling menghormati diantara sesama dan menasehati dalam kebaikan dan kebenaran.


wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu


Kediri, 30 Mei  2011


 


Kami warga Perum Tosari Indah Persada RT:42 RW:16


 



































1.1.
2.2.
3.3.
4.4.
5.5.
6.6.


 


Ada banyak contoh surat pernyataan sikap, namun pada dasarnya sama yaitu ibarat klarifikasi saya di awal.


Contoh Surat Pernyataan Diri



.


SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama:


No. Registrasi Pendaftaran:


Tempat dan Tanggal Lahir:


Agama:


Pendidikan:


Alamat:


Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya:



  1. Saat ini tidak mempunyai ikatan dinas atau beasiswa jenis yang sama dari pihak Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta.

  2. Tidak pernah melaksanakan pelanggaran hukum/tindak pidana kriminal apapun yang menimbulkan saya dipenjara atau dikurung.

  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat ataupun dengan hormat, baik dari instansi pemerintahan maupun instansi swasta.

  4. Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ Pegawai Negeri Sipil

  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.


Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan saya bersedia diproses menurut aturan dan aturan yang berlaku apabila di kemudian hari pernyataan saya ini tidak benar.


………………………


Yang menciptakan pernyataan


………………………



Artikel menarik lainnya: Contoh & Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Lengkap


Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah


Contoh surat pernyataan belum menikah biasanya dibentuk oleh pihak wanita. Kalau pihak laki-laki tidak ada bedanya menciptakan atau tidak menciptakan surat pernyataan. Akan sulit dibuktikan. Tapi juga tidak menutum kemungkinan pihak lelaki membuatnya.



.


SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH


 


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama: Anisa Keyla Putri


Jenis Kelamin: Wanita


Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 21 Juni 1994


Agama: Islam


Pekerjaan: Wiraswasta


Alamat: Jl. Timoho Timur Rel No. 21 A Yogyakarta


 


Menyatakan dengan sebenarnya, bahwa hingga dikala ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, aturan Agama maupun aturan Negara dan benar- benar masih gadis.


Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku di Negara Indonesia.


Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan kondisi sehat serta tanpa ada paksaan dari siapun.


Yogyakarta, 21 Desember 2016


 


Yang Membuat Pernyataan,


Anisa Keyla Putri



Itulah contoh surat pernyataan belum menikah yang bisa kau tiru untuk menciptakan surat yang sama. Jika tidak ingin repot kau bisa download contoh surat pernyataan belum menikah versi word berikut ini, untuk kau edit.


DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH


Contoh Surat Pernyataan Perjanjian


Contoh surat perjanjian wacana persiapan sebelum SBMPTN ini hanya salah satu kasus dari sekian banyak kasus perjanjian. Nanti kau bisa buat dalam kasus lain.



.


SURAT PERJANJIAN SUPER CAMP


SBMPTN 2017


Salman Edukasi


Estubizi Coworking Space ( atau daerah lain sesuai perjanjian )


Jalan Wolter Monginsidi No. 71, Kebayoran Baru, RT.1/RW.4, Kota Jakarta Selatan 12180


HP: 0812-8753-4419


Email: kabar@salmanedukasi.com


Estubizi Coworking Space ( atau daerah lain sesuai perjanjian )


 


Surat Perjanjian Kerjasama Program Super Camp


SBMPTN 2017


 


Perjanjian ini dibentuk pada tangga18  bulan April tahun 2017 oleh dan antara:


 




















Nama: Salman Edukasi
Status: penyedia jasa Super Camp Salman yang berlamatkan di Estubizi Coworking Space.
Alamat: Jalan Wolter Monginsidi No. 71, Kebayoran Baru, RT.1/RW.4, Kota Jakarta Selatan 12180
(untuk selajutnya disebut PIHAK PERTAMA)

Dan
















Nama: Bapak/Ibu: (Suratman, S.Pd )
Alamat: Jln. Sedayu, no. 06, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12181
(untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA)

Bahwa sehubungan dengan rencana PIHAK KEDUA untuk mempersiapkan anak berjulukan ………………….……… mengikuti SBMPTN dan memerlukan jasa bimbingan berguru dan pelatihan yang diadakan oleh pihak pertama pada bulan Mei – Juni tahun 2017* di lokasi yang sudah disiapkan.


Bahwa PIHAK PERTAMA menyediakan jasa bimbingan berguru dan pelatihan yang diberi nama Super Camp SBMPTN dan mempunyai sumber daya tutor yang kompeten serta materi latih (modul) dan soal latihan yang dibutuhkan untuk mendukung (…………………….) mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN 2017.


Oleh alasannya yaitu itu, menurut kesepakatan kedua belah pihak, maka PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA oke hal-hal sebagai berikut:



  1. Kewajiban PIHAK PERTAMA


PIHAK PERTAMA mempunyai kewajiban:



  • Menyediakan daerah pelaksanaan kegaiatan proses berguru mengajar selama proses Super Camp. Super Camp gres akan dibuka dengan jumlah minimal 4 peserta per tahun dan maksimal 20 peserta per tahun untuk jurusan IPA & IPS.

  • Menyediakan materi pelajaran berupa modul dan materi soal-soal latihan SBMPTN

  • Menyediakan atau menjamin makan 3x sehari, kecuali dikala peserta pulang, peserta Super Camp sebagaimana waktu yang akan dilampirkan kemudian.

  • Menyediakan Try out sesuai jadwal yang diberikan

  • Menyediakan kemudahan internet dan laundry untuk peserta bimbel super camp salman selama periode program

  • Memberikan laporan wacana perkembangan siswa dan hasil try out siswa lewat email maupun tertulis jikalau diminta oleh orang tua.

  • Menjalankan kegiatan psikotes (atau analisis minat talenta dengan sidik jari), workshop, campus visit, out bound, dan bakti sosial sesuai jadwal kecuali terjadi perubahan terkait waktu dan konten kegiatan yang akan diinfokan kepada siswa dan orangtua/wali.



  1. Kewenangan PIHAK PERTAMA


PIHAK PERTAMA mempunyai kewenangan:



  • Membina dan menerapkan peraturan terhadap peserta Super Camp

  • Memberikan instruksi dan hukuman yang mendidik kepada peserta Super Camp.

  • Membatalkan kerjasama di tengah jalan terkait pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa dengan pengembalian uang sebesar selisih dari biaya yang sudah dikeluarkan.



  1. Kewajiban PIHAK KEDUA


PIHAK KEDUA mempunyai kewajiban:



  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.15.000.000 (lima belas juta rupiah) pada dikala oke melaksanakan pendaftaran.

  • Melunasi biaya aktivitas Super Camp SBMPTN sesuai dan sebesar yang tertera pada periode pendaftaran masing-masing paling lambat dua ahad sehabis biaya pendaftaran diterima.

  • Melakukan komunikasi rutin dengan dengan PIHAK PERTAMA sekaligus ikut melaksanakan pengawasan terhadap peserta Super Camp SBMPTN dikala berada di rumah terutama soal disiplin berguru dan kesehatan.

  • Menyetujui Standard Operating Procedure dan peraturan terlampir yang akan diterapkan kepada setiap peserta.



  1. Perjanjian ini hanya berlaku selama periode Super Camp SBMPTN


2017



  1. Tidak ada penjaminan kelulusan peserta Super Camp SBMPTN 2017


pada SBMPTN, yang ada yaitu kebijakan garansi uang kembali sebagai


berikut



  1. Jika, terjadi kesepakatan bahwa aktivitas dibuka dengan jumlah peserta kurang dari 4, maka kewajiban pengembalian uang selisih dikala peserta tidak lulus SBMPTN akan gugur dari PIHAK PERTAMA.

  2. Pembatalan keikutsertaan Super Camp dengan konfirmasi paling lambat dua ahad sebelum kegiatan dimulai akan diikuti dengan pengembalian biaya aktivitas hanya sebesar 40%. Pembatalan paling lambat diajukan seminggu sebelum pelaksanaan.

  3. Jika peserta diterima SNMPTN (jalur undangan) dan tidak ingin melanjutkan Super Camp Salman, maka besaran pengembalian uang yaitu 40%

  4. Jika peserta tidak diterima SBMPTN, maka besaran pengembalian uang yaitu selisih biaya kegiatan yang dikeluarkan oleh PIHAK PERTAMA (lebih kurang 30%, PIHAK PERTAMA wajib menawarkan rincian).

  5. Ketentuan garansi yaitu sebagai berikut:

  6. Peserta mengikuti setidaknya 90% sesi berguru selama Super Camp Salman

  7. Peserta mengikuti 90% Try Out yang diadakan



  • Peserta mengikuti SBMPTN pada tahun 2017



  1. Peserta mengikuti hasil rekomendasi jurusan sehabis musyawarah antara orang bau tanah dan administrasi menyikapi hasil psikotes dan penilaian prestasi belajar

  2. Peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diagendakan kecuali atas izin yang diberikan administrasi untuk tidak mengikutinya

  3. Perbedaan yang timbul atas perjanjian ini dan hal-hal yang belum diatur akan diatur kemudian.

  4. Perbedaan atau disputepada perjanjian ini akan diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan.


 


Mengetahui,


Pihak pertama  Pihak Kedua


 


(…………………)


(……………………….)



Surat pernyataan perjanjian memang biasanya panjang. Karena banyak hal yang perlu dinyatakan dan dipertegas di awal.


Contoh Surat Pernyataan Hutang


 pada kesempatan ini saya akan menyajikan banyak  13 Contoh Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri dan Cara Membuatnya
pixabay.com



Berikut ini saya sajikan contoh surat pernyataan hutang dalam versi word yang bisa kau edit sesuai kebutuhan.


DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN HUTANG


 


Surat Pernyataan Bermaterai


Untuk surat contoh pernyatan bermaterai hanya sanggup ditampilkan versi gambar scan. Karena memang materai yaitu hal yang sakral di negara ini hehe.


 pada kesempatan ini saya akan menyajikan banyak  13 Contoh Surat Pernyataan Kerja, Kesanggupan, Pernyataan Diri dan Cara Membuatnya


 


Surat Pernyataan Jual Beli


 



.


PERJANJIAN JUAL BELI TANDAN KELAPA SAWIT


ANTARA:           PT…………………….DENGAN :…………………………….     


                                                                                                       


Kami yang bertanda tangan di bawah ini :


NAMA           :


ALAMAT         :


Bertindak untuk dan atas nama PT……………………..


NAMA          :


ALAMAT          :


Kedua belah pihak setuju mengadakan perjanjian jual beli tandan buah segar(TBS) yang berasal dari kebun milik pihak kedua (II) yang akan di uraikan dalam pasal-pasal tersebut di bawah ini :


Pasal I


Pihak pertama bersedia membeli tandan buah segar (TBS) di desa ………….


Pasal II


Pembelian tandan buah segar (TBS) dari pihak kedua yaitu menurut FRANCO PKS PT……………….


Pasal III


1. Pemanenan dari seluruh areal kebun /gudang sawit (ram) dilakukan menurut hari terima yang diatur bersama PT…………………….


2. penyerahan tandan buah segar (TBS) harus di sertai dengan surat pengantar /penyerahan (DO) sesuai kesepakatan bersama


 


  PASAL IV               


Jumlah tandan buah segar (TBS) pihak kedua perharinya perharinya harus di sesuaikan dengan kemampuan pabrik dan mempunyai kriteria buah yang baik ibarat :                                                      



  1. Tandan buah segar (TBS) harus dalam keadaaan matang sesuai dengan kriteria panen

  2. Berat tandan buah segar (TBS) yang di beli minimal 6 kg keatas PASAL V mutu panen pihak kedua harus memenuhi persyaratan dari PT………….. sebagai berikut:



  • FRAKSI 00 dan 0 tidak diterima

  • Fraksi 2 dan 3 dengan jumlah min :60%

  • Fraksi 5 max : 5%

  • Berondolan : 1,25% dari berat TBS keseluruhan

  • tandan dihentikan bertangkai panjang (max 25 CM)


PASAL VI     


apabila pihak kedua mengirimkan buah yang ilegal (melanggar aturan ) sehingga terjadi  gugatanoleh pihak  ketiga maka pihak kedua bertanggung jawab sepenuhnya atas hal tersebut  diatas/pihak pertama terlepas dari segala tuntutan dari pihak manapun yang menyangkut tandan buah segar (TBS ) kejahatan tersebut.


PASAL VII



  1. pihak I dan II telah setuju pemotongan wajib utk TBS sebesar 3%

  2. Apabila terjadi penyimpangan dalam penyerahan mutu panen tandan buah segar (TBS) yang di serahkan pada PT………………akan   dikenakan potongan sesuai  dengan buahnya selain potongan  Misalnya buah gila ,busuk,buah pasir,sampah atau yang sanggup mengganggu mutu produksi .

  3. apabila PKS rusak dan tidak bisa terima TBS pihak I akan memberitahukan kepada pihak II untuk  tidak memasukkan TBS kembali

  4. Apabila pihak II melalaikan kewajiban atau tidak bisa lagi menyerahkan atau TBS pada PT. . . ., pihak II dihentikan menyerahkan atau mengalihkan SP kepada pihak lain.


PASAL VIII     


  penimbangan tandan buah segar (TBS) yang menjadi dasar perhitungan hasil di lakukan di jembatan Timbangan PKS PT………………….Dan di catat pada syarat pengantar sebagai tanda terima terakhir terima TBS yang di timbang pukul 17 wib


Mengetahui


Pihak Penjual


 


Pihak Pembeli




Download Contoh Surat Pernyataan Jual Beli DOC


Berikut ini saya sertakan contoh surat pernyataan jual beli dalam bentuk word yang bisa kau edit, klik di kotak untuk men-download.


DOWNLOAD SURAT PERNYATAAN JUAL BELI


 



Advertisement

Iklan Sidebar