'/> Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah Dan Keutamaannya

Info Populer 2022

Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah Dan Keutamaannya

Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah Dan Keutamaannya
Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah Dan Keutamaannya

Niat Puasa Senin Kamis – Ahlan Wa sahlan sobat sharing, Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis, beserta pesan tersirat dan keutamaannya. Sobat niscaya ingin tau kenapa sih kita disunahkan melaksanakan puasa sunah? Kan kita sudah diwajibkan puasa wajib satu bulan penuh. Mungkin sobat ada yang masih ragu-ragu sama niatnya. Supaya lebih mantap niatnya lebih baik kita simak keutamaan dan hikmahnya ketika  kita menjalankan ibadah puasa.


Sobat tau kan  agama Islam yakni agama Rahmatal lil  ‘Aalamiin, jadi semua yang diperintahkan oleh Agama Islam (Allah dan Rasul) niscaya ada hikmahnya. Kaprikornus jangan khawatir sobat, ibadah apapun yang kita lakukan niscaya ada balasannya. Sebelum kita membahas mengenai niat puasa senin kamis dan keutamaan-keutamaannya, kita ulas dulu mengenai pengertian puasa sunah itu sendiri.





Pengertian Puasa Sunah




Dalam agama apapun, kita niscaya menemui istilah puasa meskipun terdapat perbedaan dalam cara pelaksanaannya. Puasa atau yang sering disebut Shoum dalam bahasa arab yakni menahan diri dari makan beserta minum dan hal-hal yang membatalkannya, mulai dari terbitnya fajar shidiq hingga terbenamnya matahari guna meningkatkan ketakwaan seorang muslim.


Sunah sendiri yakni salah satu aturan dalam islam yang apabila dikerjakan menerima pahala, namun jikalau ditinggalkan tidak mendapatkan dosa.


Jadi, pengertian puasa sunah yakni menahan diri dari  makan dan minum serta hal yang membatalkan dari terbitnya fajar shidiq hingga terbenamnya matahari yang apabila dilakukan menerima pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa.


Puasa sunah adalah salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah alasannya yakni terdapat beberapa laba di dalamnya. Adapun puasa yang disunahkan antara lain yaitu : Puasa Arafah, Puasa Asyuro, puasa  Syawal, puasa senin kamis dan puasa-puasa yang lainnya.


Pelaksanaan puasa sunah sedikit lebih berat dari pada puasa wajib. Karena pelaksanaan puasa wajib memang tuntutan agama dan apabila tidak dikerjakan akan menerima dosa. Namun jikalau puasa sunah memang tidak ada tuntutan untuk harus mengerjakan dan merupakan kesadaran dari muslim itu sendiri. Tapi puasa sunah oleh Rasulullah telah dijanjikan pahala yang besar alasannya yakni akan menjadi ibadah pemanis atau bonus sobat.




Dalil Anjuran Puasa Senin Kamis




Agama islam memerintahkan untuk berpuasa bukan tanpa alasan, Setiap ibadah yang kita lakukan niscaya berlandaskan pasa dalil-dalil. Sobat  ingin semakin yakin kalau puasa senin itu yakni sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Kita akan ulas dalil-dalil yang menganjurkan kita untuk puasa sunah.


Dari  ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata :


 Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah dan Keutamaannya


Artinya : Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa menaruh pilihan  berpuasa pada hari Senin dan Kamis. (Hadits Riwayat An-Nasa’I No. 2362 dan Ibnu Majah no.1739)Al- Hafidzh Abu Thahir menyampaikan hadits ini hasan dan Syaikh Albani menyampaikan hadits ini shahih.


Hadits tersebut sudah terang bahwa Rasulluhpun menentukan hari senin dan kamis untuk melaksanakan ibadah puasa sobat. Untuk mengerti alasan kenapa Rasullulah puasa dihari itu yuk simak dalil selanjutnya.


Dari Usamah bin Zaid mengatakan  :


 


قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »


Artinya : Aku berkata kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa hingga dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak berpuasa. Engkau juga terlihat tidak puasa hingga dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu”.  Nabi kemudian bertanya , “Apa dua hari itu?”. Usamah menjawab “Senin dan Kamis”. Lalu Rasulullah bersabda “Pada dua hari tersebut yakni hari dimana dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam. Aku sangat suka amalku dihadapkan sedang saya daklam keadaan berpuasa.” (Hadits Riwayat An-Nasa’I no.2360 dan Ahmad 5: 201)


Al- Hafizh Abu Thahir menyampaikan bahwa sanad dari hadits ini yakni hasaan.



  • Usamah bin zaid yakni sahabat sekaligus jenderal termuda yang pernah memimpin peperangan ketika ia masih berusia 18 tahun. Kaprikornus alasannya yakni usamah ingin tau alasannya yakni melihat rasulullah terlihat  selalu berpuasa, tapi juga tidak terlihat kalau dia berpuasa kecuali pada 2 hari tersebut yaitu hari senin dan kamis. Ternyata rasulullah  berpuasa pada hari itu alasannya yakni hari tersebut merupakan hari dimana amalan-amalan yang kita kerjakan akan dihadapkan  kepa Allah dan Rasulullah menyukai amalnya dihadapkan sedang dia dalam  keadaan berpuasa.


Dalil selanjutny dari Abu Qotadah Al- Anshori RA atau al- Harits bin Rib’iy (Nama Asli), Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa dihari Senin, kemudian dia menjawab.


ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ


“Hari itu yakni hari dimana saya dilahirkan, dan hari saya diutus atau diturunkannya wahyu untukku”.  (Hadits Riwayat Muslim no.1162)


Alasan diatas juga merupakan alasan mengapa rasulullah mengerjakan puasa senin kamis. Rasulullah mengungkapkan bahwa pada hari itu yakni hari istimewanya yaitu  hari dimana ia dilahirkan.




Doa Niat Puasa Senin Kamis




Dalam setiap ibadah pastinya ada hal yang harus disertakan dalam ibadah tersebut sobat, termasuk niat puasa senin dan kamis.  Niat adalah harapan dalam hati untuk melaksanakan suatu ibadah yang ditunjukkan hanya kepada Allah. Adapun bacaan untuk niat puasa senin kamis yaitu:


Niat Puasa Senin


نَوَيْتُ   صَوْمَ     يَوْمَ  اْلاِثْنَيْنِ   سُنَّةً   للهِ   تَعَالَى


Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta’ala


Artinya: “Saya berniat puasa pada hari senin, sunah alasannya yakni Allah ta’ala”


 


Niat Puasa Kamis


نَوَيْتُ   صَوْمَ    يَوْمَ   الْخَمِيْسِ   سُنَّةً   للهِ    تَعَالَى


Nawaitu Sauma yaumal khomisi sunnatal lillahi ta’ala


Artinya: “Saya berniat puasa hari kamis, sunah Karena Allah ta’ala”


 


Niat sebenarnya ada di dalam hati, namun pengucapan niat akan menuntun hati bersama ucapan tersebut serta mempertegas tujuan kita melaksanakan suatu ibadah. Niat merupakan rukun dalam semua ibadah. Setiap ibadah apapun tidak akan diterima jikalau tidak disertai dengan niat yang benar.


Membahas duduk perkara niat, sobat sudah pernah mendengar perihal perbedaan niat puasa sunah dengan puasa wajib belum? . Peletakan niat puasa sunah dengan puasa wajib ini berbeda .


Niat puasa wajib harus dilakukan sebelum terbit fajar dan lebih baik dibarengi dengan makan sahur, dan apabila diniati sehabis terbitnya fajar maka puasa wajib dianggap tidak sah.


Sementara puasa sunah, lebih utamanya sebelum terbit fajar pula ibarat niat puasa wajib, tetapi sobat jangan khawatir alasannya yakni niat puasa sunah juga boleh hingga menjelang tergelincirnya matahari loh. Dengan syarat semenjak terbit fajar hingga niat diucapkan belum melaksanakan hal-hal yang membatalkan puasa, termasuk makan.


Hal tersebut terdapat pada kitab bulughul Marom karya Ibnu Hajar yang disebutkan bahwa :


 Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah dan Keutamaannya


“Dari ‘Aisyah Ummul Mukminin, dia berkata  ”Nabi Muhammad SAW pernah menemuiku pada suatu hari , kemudian dia bertanya ,”Apakah kalian mempunyai sesuatu untuk dimakan?” Kamipun kemudian menjawab “Tidak ada ”  Beliaupun kemuadian berkata, “Kalau begitu saya berpuasa saja sekarang”. (Hadits Riwayat Muslim no.1154)


Nah, dari hadits tersebut sobat sudah terang ya bahwa niat puasa ternyata bisa lakukan sehabis terbit fajar. Kaprikornus contohnya sobat tidak sempat atau lupa ber niat puasa senin kamis sebelum fajar, bisa diniatkan setelahnya.




Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis




 Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah dan Keutamaannya
MDC


  • Meningkatkan Ketakwaan Dan Pahala Akan Dilipatgandakan


Sebagai seorang muslim, beribadah apapun tak lepas dari hasrat seorang hamba  untuk selalu bersahabat dengan Tuhannya , memperoleh ketenangan dan memenuhi kebutuhan rohani. Namun sobat perlu ketahui bahwa selain kita merasa bersahabat dengan Allah, ternyata Allah SWT telah menyiapkan bonus atau tanggapan untuk hambanya yang beribadah dengan ikhlas,  dan tanggapan –balasan tersebut telah terang ditulis dalam Al-Qur’anul Karim maupun Hadits-hadits Rasulullah.


Keutamaan dan Perintah puasa telah terang dijelaskan oleh Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :


 Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah dan Keutamaannya

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kau sekalian untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kau semoga kau bertaqwa”


Dalam ayat tersebut, sudah terang kan sobat bahwa perintah berpuasa ini tidak lain untuk kebaikan kita sendiri yaitu untuk meningkatkan ketakwaan. Meskipun ayat tersebut ditujukan untuk melaksanakan puasa wajib. Namun keutamaan puasa sunah sudah menjadi satu didalam ayat tersebut, yaitu” semoga kau bertakwa” .


Jika Allah telah menjanjikan sobat jikalau melaksanakan puasa wajib memperoleh ketakwaan, Seorang hamba  dengan sukarela menjalankan puasa sunah dan iklash menjalankannya, bukankah tingkat ketakwaan seorang hamba juga akan semakin meningkat?.

Selain tingkat ketakwaannya meningkat, Allah pun juga akan menambah balsan hamba-hamba yang rela menahan lapar dan hausnya alasannya yakni Nya. Rasulullah telah menyampaikan  dalam hadistnya yaitu :


 Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah dan Keutamaannya


“Tiap-tiap amalan kebaikan yang dilakukan insan kelak akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus  kali lipat. Allah ta’ala berfirman bersama-sama “Kecuali amalan puasa, Amalan puasa tersebut untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya. Karena  ia telah meninggalkan syahwat dan masakan alasannya yakni Ku . Bagi orang yang berpuasa ia kan mendapatkan dua kebahagiaan. Yaitu kebahagiian dikala ia berbuka dan kebahagiaan dikala ia berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh busuk lisan orang yang berpuasa lebih harum disisi Allah daripada busuk minyak kasturi ” (Hadist Riwayat Muslim)


Sungguh Allah maha pemberi rahmat, dengan hamba-hambanya yang melaksanakan ibadah apapun berupa amalan kebaikan, telah Allah janjikan untuk mereka  pahala yang berlipat ganda. Bahkan ibadah puasa sendiri, Allah akan memberi pahala kepada mereka secara langsung, alasannya yakni kerelaan hambanya menahan makan, minum dan syahwat. Selain itu kebahagiaan seorang berbuka tidak didapatkan oleh orang-orang yang tidak melaksanakan puasa dan mendapatkan kebahagiaan bertemu dengan Rabbnya.


Sengguh bahagianya ketika seorang hamba yang berpuasa ketikan bertemu dengan Rabbnya, Subhanallah.



  • Pintu Surga Terbuka


Keutamaan selanjutnya bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa sunah senin kamis yaitu pintu nirwana selalu terbuka untuknya. Seperti pada sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA:


 Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah dan Keutamaannya


“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan apapun kelak akan diampuni dosanya, kecuali diantara di antar dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Kemudia dikatakanlah “ Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga mereka berdamai , Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga mereka berdamai” (Hadist Riwayat Muslim)


Dalam Hadits lain juga menyebutkan bahwa terdapat Allah telah menyediakan nirwana yang diperuntukan khusus untuk orang-orang yang suka melaksanakan ibadah puasa, nirwana tersebut berjulukan Ar-Rayyan.

Dalam Hadist  Riwayat Bukhori dan Muslim menyebutkan:


 Alhamdulillah kali ini kita masih diizinkan menyebarkan perihal doa niat puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat, Hikmah dan Keutamaannya


“Sesungguhnya di nirwana terdapat pintu  yang berjulukan ar-Rayyan  diaman akan dimasuki oleh orang-orang yang sering menjalankan ibadah puasa  kelak dihari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali prang yang suka berpuasa. Dikatakan bahwa ‘manakah orang-orang yang suka berpuasa ? mereka semua pun bangun dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jikalau mereka telah memasukinya, maka pintu tersebut  ditutup sehingga tidak ada seorangpun masuk melaluinya lagi”.



  • Hari Senin Merupakan Hari Rasulullah Dilahirkan Dan Menerima Wahyu-Wahyu


Sobat niscaya sudah tahu kapan Rasululah lahir, Rasulullah SAW dilahirkan hari senin  12 Rabi’ul awal tahun gajah, tepatnya tanggal 27 April 571 Masehi .


“Dari Abu Qotadah RA , sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya mengena puasa senin, maka Rasulullah menjawab ‘Hari senin yakni hari lahirku, hari saya mulai diutus  dan hariturunnya wahyu” (Hadits Riwayat Muslim).


Jadi kita melaksanakan ibadah puasa senin kamis merupakan hari yang sangat mulia, alasannya yakni hari senin adalah  hari lahirnya Rasulullah  dan hari dia mendapatkan wahyu.




Manfaat Puasa Senin Kamis




Selain mempunyai banyak keutamaan, Puasa senin kamis juga banyak keuntungannya sobat. Diantaranya yaitu :



  1. Perisai Jiwa


Orang berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, namun dalam berpuasa, mental kita juga sedang dilatih untuk bersabar, melatih megendalikan diri dan meningkatkan ketakwaan sobat.  Oleh alasannya yakni itu bisa menjadi perisai bagi diri kita masing-masing dan akan meyelamatkan kita dari banyak hal yang berdampak jelek bagi kita.



  1. Meningkatkan Kedisiplinan


Mengerjakan ibadah puasa sanggup meningkatkan tingkat kedisplinan kita loh sobat  dalam kehidupan sehari- hari, alasannya yakni dalam puasa kita dituntut untuk makan atau minum dalam waktu yang ditentukan , yaitu dikala tenggelamnya matahari.


Puasa yakni citra kecil dari kehidupan, jikalau kita bisa membiasakan  menahan lapar dan haus dan untuk selalu disiplin, maka dalam kehidupan sehari-haripun kita akan terbiasa untuk disiplin dan akan membentuk sebuah karakter. Kitapun juga akan merasa terus diawasi oleh Allah alasannya yakni yang mengerti kita sedang berpuasa atau tidak hanyalah diri sendiri dan Allah SWT.



  1. Terhindar Dari Godaan Syaitan


Salah satu tujuan dari puasa yaitu menahan hawa nafsu, ketika kita berhasil menjalankan ibadah puasa kita  juga telah sukses  menaklukkan godaan syaitan yang selalu menciptakan khawatir dan was-was.  Dengan berpuasa jiwa kita telah terlindungi dari pengaruh-pengaruh syaitan untuk melaksanakan maksiat dan hal-hal yang dihentikan oleh Allah SWT.


Meskipun sebelum berpuasa Syaitan selalu menakut-nakuti kita akan kelaparan, tapi bagi orang-orang yang bertakwa yakni hal yang gampang untuk dikalahkan alasannya yakni Allah akan menggantinya dengan hpahala yang besar.



  1. Meningkatkan Amalan


Ketika kita sedang berpuasa , kita akan terdorong untuk melaksanakan ibadah –ibadah yang lain yang akan mendekatkan diri kita pada Allah. Karena dikala puasa, nafsu kita dan godaan telah terkendali sehingga semangat untuk beribadah tumbuh.



  1. Meningkatkan Rasa Syukur


Saat berpuasa kita akan mencicipi lapar dan haus. Keadaan itulah yang sering kita abaikan, bahwa sebenarnya banyak orang lain diluar sana yang setiap hari mencicipi haltersebut. Dengan melaksanakan puasa senin kamis karenanya kita sanggup mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah begitu besar. Seperti masih ada masakan untuk berbuka, dan masih banyak hal yang perlu kita syukuri. Dengan berpuasa  kita bisa mencicipi orang-orang yang belum beruntung  dan rasa syukur kita akan bertambah.


Melakukan puasa sunah senin kamis juga sanggup menyempurnakan kekurangan-kekurangan dari puasa wajib kita sobat. Ibadah puasa senin kamis ini sudah  menjadi rutinan Rasulullah SAW dan beliaupun menganjurkan untuk menjadi kebiasaan muslim pula.




Hikmah Puasa senin kamis




Selain mempunyai keutamaan yang begitu besar, ternyata puasa senin kamis mempunyai pesan tersirat yang tidak banyak sobat ketahui. Salah satunya pesan tersirat  dibidang kesehatan.


Kebanyakan orang-orang masih ragu untuk melaksanakan ibdah puasa alasannya yakni khawatir akan kesehatnnya, takut lemas atau yang lainnya. Sebenarnya hal itu yakni salah satu godaan syaitan ketika hendak menjalankan ibadah kepada Allah. Didepan sudah dijelaskan bahwa Allah dan Rasulullah memerintahkan sesuatu untuk kebaikan hambanya. Termasuk puasa. Hikmah puasa senin kamis antara lain :



  1. Mengatasi Depresi


Secara psikis , puasa bisa mengurangi stress dan depresi  bagi beberpa orang, alasannya yakni puasa berguru mengendalikan diri sendiri. Dengan puasa juga  tubuh akan mengalami peningkatan endofrin dalam darah dimana akan memberi perasaan sehat secara mental.



  1. Memperbaiki Kondisi Medis


Karena berpuasa membentuk teladan makan yang teratur, maka dengan sahur dan berbuka yang sehat sanggup memperbaiki radang sendi, radang usus besar, penyakit kulit. Tubuh dalam waktu kita berpuasa mengalami pencucian dalam artian tidak ada masakan yang dicerna dan diolah sehingga organ tubuh tidak bekerja  terlalu keras.



  1. Menyehatkan Jantung


Dalam penelitian memberikan bahwa orang-orang yang menjalani puasa selama sebulan mempunyai resiko yang lebih rendah terjena penyakit jantung  sebesar 58 %  dibandingkan dengan orang yang tidak melaksanakan puasa.



  1. Mengurangi Resiko Diabetes


Nah, bagi penderita diabetes ternyata berpuasa sanggup mengurangi  resistensi insulin yang mengakibatkan diabetes loh. alasannya yakni diabetes juga dipengaruhi teladan makan yang teratur, nah teladan makan yang baik juga sanggup dilakukan dengan berpuasa.



  1. Mengurangi Risiko Kanker


Kanker merupakan penyakit yang membahayakan dan belum ditemukan obat yang ampuh untuk mengobatinya. Ternyata Allah telah menyediakan obat tesebut dengan kita melaksanakan puasa.


Pada dikala berpuasa , pembelahan sel pada tubuh akan berkurang  alasannya yakni berkurangnya asupan . Penelitian ini dilakukan terhadap tikus dan terbukti bisa mngurangi risiko kanker.



  1. Menjaga Berat Badan


Hikmah Ini cocok Bagi sobat yang ingin menjaga berat badan. biasanya dilakukan oleh kaum hawa yang melaksanakan agenda diet. Sebenarnya tidak duduk perkara jikalau menginginkan tubuh yang ideal dengan puasa, namun jangan hingga dengan pesan tersirat ini menciptakan sobat salah niat.  Jadikan tubuh yang ideal hanya menjadi bonus dikala berpuasa.


Saat kita berpuasa otomatis asupan berkurang, tapi proses pembakaran masih berlangsung dan akan membantu mengurangi berat badan. Pengurangan berat tubuh ini juga berkurangnya kolesterol. Turunnya berat tubuh akan memberi dampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.




Doa Berbuka Puasa Senin Kamis




Berbuka yakni hal yang ditunggu-tunggu dikala bepuasa alasannya yakni merupakan sebuah berkah. Supaya lebih berkah lagi sebagai muslim  perlu membaca doa ketika berbuka puasa senin kamis. Berikut bacaan doanya :


رِزْقِكَ وَعَلَى  صُمْتُ لَكَ اَللَّهُمَّ    فْطَرْتُأ    ذَهَبَ   الظَّمَأُ


وَابْتَلَّتِ   الْعُرُوْقُ     وَثَبَتَ  الْأَجْرُ         


Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallaatil ‘uruqu watsabatal ajru


Artinya: “Ya Allah hanya untuk Mu saya berbuka dan dengan rizki-Mu lah aku  berbuka. Telah hilang dahaga, urat-urat telah lembap serta pahala telah tetap”


 


Demikian ulasan kita mengenai puasa senin kamis, sebagai umat muslim sebaiknya ibadah ini menjadi rutinan selain sebagai pendekatan kita kepada Rabb, karena  ternyata puasa juga sanggup mnyehatkan kita. Terimakasih sobat jangan lupa  setelah baca ini menyebarkan ilmu kepada sobat-sobat yang lain, alasannya yakni menyebarkan ilmu termasuk ibadah sobat. Semoga bermanfaat



Advertisement

Iklan Sidebar